Cara Membuat dan Bahan Resep Wajik Ketan yang Manis

CaturFebrian - Wajik merupakan salah satu kue tradisional Indonesia khas Jawa yang terbuat dari ketan dan gula merah, yang biasanya disajikan sebagai suguhan dalam acara atau upacara pernikahan adat Jawa. Sekarang ini, wajik jarang sekali kita jumpai, selain di upacara pernikahan adat Jawa dan di toko-toko yang memang menjual makanan dan kue tradisional saja. Sebenarnya membuat wajik bukanlah hal yang rumit ataupun sulit, tak ada salahnya jika anda Membuat Resep Wajik Ketan sendiri dirumah sebagai camilan atau kue hidangan di pesta kecil keluarga, penagjian bulanan, maupun arisan yang Anda adakan dirumah.

 

Kami akan memberikan beberapa tips untuk Anda. Pilihlah beras ketan yang tidak banyak patahannya. Perhatikan pada saat mengukus beras ketan, jangan lupa memercikkan air panas pada beras ketan yang sedang dikukus, hal tersebut dilakukan agar beras ketan matang dengan sempurna dan tekstur wajik yang dihasilkan akan empuk. Anda dapat menyesuaikan warna wajik dengan gula yang digunakan. Jika ingin membuat wajik ketan dengan warna gelap, Anda dapat menggunakan gula merah dengan jumlah lebih banyak.

Tapi jika ingin membuat wajik ketan dengan warna yang sedikit terang, Anda dapat mengurangi jumlah takar gula merah dan diganti dengan tambahan gula pasir. Larutan gula harus benar-benar kental. Bagaimana cara mengetesnya? Ambil larutan gula dengan sendok kayu lalu jatuhkan gula. Larutan gula harus agak lembut jatuhnya, jangan masak gula sampai berambut karena akan menghasilkan wajik yang tidak menyatu. Untuk memotong wajik ketan, olesi pisau dengan minyak goreng pada dua sisi pisau dan tunggulah sampai wajik benar-benar sudah dingin, agar saat dipotong wajik memiliki bentuk yang cantik. Resep dibawah ini disajikan untuk 16 porsi saja.


Resep ini dipersembahkan oleh: http://caturfebrian.blogspot.com/

Bahan untuk Resep Wajik Ketan:
  • Air = 150 ml.
  • Beras Ketan = 300 gram, rendam selama 2 jam.
  • Daun Pandan = 2 lembar.
  • Garam = 1/2 sendok teh.
  • Gula Merah = 250 gram, diiris sisir.
  • Santan = 200 ml, dari 1 butir kelapa.

Resep cara membuat Wajik Ketan:
  1. Langkah pertama, kukus terlebih dahulu beras ketan selama 15 menit sampai beras ketan mekar. Kemudian, sisihkan.
  2. Selanjutnya, rebus air dan daun pandan, rebus sampai mendidih. Lalu, masukkan beras ketan yang telah dikukus sebelumnya. Kemudian, masak sampai meresap.
  3. Kukus beras ketan selama 15 menit sampai 3/4 matang. Lalu, angkat dan dinginkan.
  4. Kemudian, rebus santan, gula merah dan garam sampai larut dan sedikit mengental.
  5. Lalu, masukkan ketan kukus. Masak diatas api kecil sambil diaduk-aduk kering dan meresap.
  6. Selanjutnya, tuangkan kedalam loyang berukuran 20x20x3 cm yang telah dialasi dengan daun pisang. Lalu, padatkan dan dinginkan didalam suhu ruang.
  7. Selesai, potong-potong menbentuk jajaran genjang.
Resep ini biasanya dalam adat jawa Wajik Ketan dijadikan sebagai suguhan pelengkap diacara pernikahan, camilan ini memang legit rasanya. Resep Camilan yang satu ini kami rekomendasikan untuk anda yang ingin membuat camilan yang enak dan lezat untuk camilan dirumah. Benar-benar mudah untuk dicoba bukan? Selamat mencoba resep wajik yang kami sajikan di atas, kue ini juga cocok disajikan dengan secangkir kopi saat bersantai.