Resep Kue Putu Aren Tradisional

CaturFebrian - Kue putu aren merupakan salah satu kue tradisional Indonesia yang sekarang sudah hampir punah, karena sudah jarang sekali kita dapat jumpai penjual yang menjajakan kue putu aren, dan menariknya kue ini dijajakan dengan bunyi yang khas. Kue putu aren sangat enak, mempunyai tekstur yang lembut dan lumer didalam dengan isian gula aren. Aroma khas dan rasa yang nikmat memang sangat menggoda sekali. Kue ini cocok sekali dinikmati selagi hangat dan ditemani secangkir teh, kopi atau aneka minuman hangat lainnya disore hari sebagai teman bersantai. Dapat juga dinikmati bersama keluarga saat menonton televisi.

 

Tampilan kue putu ayu dan kue putu aren memang hampir mirip, karena sama-sama memiliki warna hijau dengan taburan parutan kelapa. Tetapi anda tentu dapat membedakannya bukan? Ya, perbedaannya adalah kue putu aren diisi dengan gula aren yang lumer, itu menjadi salah satu keunggulan dari kue putu aren yang manis ini.

Mulai tertarik untuk mencobanya sendiri dirumah? Atau mungkin anda tertarik membuka lahan bisnis kue putu aren? Namun memiliki kendala anda tidak tahu apa saja bahan yang digunakan dan Cara Membuat Kue Putu Aren ini. Untuk cetakkan kue, siapkan bambu berdiameter 4 cm, kemudian potong bambu sepanjang kurang lebih 10 cm, jemur kemudian bersihkan. Apakah anda berpikir ini begitu merepotkan? Tidak perlu khawatir, anda juga bisa menggunakan cetakan kue mangkuk yang lebih mudah didapatkan.

Anda tepat sekali membuka resep ini, karena kami akan membahasnya Resep Membuat Kue Putu Aren. Mari kita simak bahan dan cara membuatnya:

Resep ini dipersembahkan oleh: http://caturfebrian.blogspot.com/

Bahan untuk Resep Kue Putu Aren:
  • Air Daun Suji = 1 sendok makan, dari 25 lembar, ditumbuk lalu diperas tanpa air.
  • Air Mendidih = 100 gram.
  • Daun Pandan = 3 lembar, ditumbuk lalu diperas tanpa air.
  • Garam = 1/2 sendok teh.
  • Gula Merah = 100 gram, diiris tipis.
  • Kelapa Setengah Tua = 150 gram, dikupas lalu diparut kasar ditambah garam sebanyak 1/4 sendok teh, lalu kukus selama 10 menit untuk taburan.
  • Pewarna Hijau = 4 tetes.
  • Tepung Beras = 200 gram, dikukus 1 jam.

Resep cara membuat Kue Putu Aren:
  1. Langkah pertama, campurkan air mendidih, air daun suji, pewarna hijau dan garam.
  2. Setelah itu, tuang kedalam tepung beras, lalu aduk hingga rata.
  3. Saring adonan sampai mengeluarkan hasil saringan yang berbulir-bulir.
  4. Sendokkan campuran tepung beras kedalam cetakan kue mangkuk atau cucing, lalu tekan menggunakan jari dibagian tengahnya sampai membentuk lubang.
  5. Selanjutnya, isi dengan gula merah yang telah diiris tipis, tutup lagi dengan adonan, jangan digtekan terlalu kuat.
  6. Langkah terakhir, kukus selama kurang lebih 30 menit. Sajikan selagi hangat dengan taburan kelapa diatasnya, selesai.
Selamat mencoba dan berkreasi dengan Resep Kue Putu Aren tradisional ini dirumah. Resep diatas dapat menghasilkan 18 buah kue putu aren. happy cooking bunda :)