Resep Biji Ketapang Renyah dan Gurih

CaturFebrian - Kue tradisional bernama biji ketapang adalah salah satu kue asli Betawi. Kue kering yang digoreng ini biasanya ikut meramaikan suasana saat hari raya umat islam tiba, kue biji ketapang juga bisa dibilang kue wajib ada dimeja sajian lebaran. Sebenarnya kue ini juga bisa dinikmati selain dihari raya, buat camilan dan sajian saat ada acara keluarga atau arisan pun enak. Kelapa parut dan santan yang digunakan untuk membuat penganan ini membuat rasanya lebih gurih. Membuat biji ketapang renyah ini tidaklah sulit, dan hanya menggunakan bahan yang mudah dicari. Lebih seru kalau membuatnya bersama sanak keluarga, karena saya dan ibu saya membuat biji ketapang bersama untuk camilan santai menonton televisi.

 

Ketapang adalah nama tumbuhan yang tumbuh didaerah pesisir pantai, tumbuhan ini bisa membuat pantai menjadi indah karena memberikan warna disekitar pantai. Mungkin kue ini diberikan nama biji ketapang, karena mungkin mirip dengan biji tanaman ketapang yang berada disisi pantai. Biji ketapang renyah juga memiliki banyak variasinya, mungkin anda pernah mendengar Biji Ketapang Asin, Biji Ketapang Wijen dan Biji Ketapang Keju. Intinya, semua variasi Resep Biji Ketapang renyah mempunyai bahan-bahan yang hampir sama, hanya ada sedikit tambahan saja. Bahkan cara membuatnya pun sama.

Resep ini mudah sekali dibuat, bahan-bahannya mudah didapat. Tapi mungkin anda lebih suka yang praktis dengan membeliya ditoko kue kering yang tersedia. Mari kita simak bahan-bahan dan cara membuatnya dibawah ini.

Resep ini dipersembahkan oleh: http://caturfebrian.blogspot.com/

Bahan untuk Resep Biji Ketapang:
  • Garam = 1/2 sendok teh.
  • Gula Pasir = 75 gram.
  • Kelapa Parut = 100 gram, dipartu kasar, disangrai, dihaluskan.
  • Margarin = 50 gram.
  • Santan Instant = 40 ml.
  • Telur = 1 butir.
  • Tepung Terigu Protein Sedang = 250 gram.

Resep cara membuat Biji Ketapang:
  1. Langkah pertama, campur telur, santan instant, gula pasir dan garam. Lalu, aduk sampai gula larut.
  2. Kemudian, masukkan kelapa sangrai dan tepung terigu. Aduk hingga tercampur rata. Setelah itu, tambahkan margarin. Aduk sampai rata.
  3. Pulung adonan, potong-potong serong berukuran 1 cm.
  4. Lalu, panaskan minyak kemudian, goreng adonan diatas api kecil, goreng sampai renyah dan matang.
Bagaimana? Mudah bukan? Anda bisa membuatnya disaat anda memiliki waktu luang. Simpan dalam tempat yang tertutup rapat agar terjaga kerenyahannya. Resep ini hanya untuk 575 gram saja. Siapa tahu tetangga atau rekan kerja menyukai kue biji ketapang buatan anda. Nah, ini bisa dijadikan peluang bisnis untuk anda atau hanya sekedar tambah uang belanja kebutuhan rumah tangga.