Membuat Resep Bolu Gulung Pandan yang Sedap

CaturFebrian - Saya akan menyajian Resep Bolu Gulung Pandan yang enak, karena banyak sekali orang yang mencari tutorial membuat resep bolu yang satu ini. Jika anda ingin berbisnis kue jenis ini, tidak masalah. Tetapi perlu diketahui bolu gulung termasuk jenis kue setengah basah, yang ketahanan penyimpanannya hanya 3 hari dan dapat terlihat jamur agak keputihan di permukaan bolu, berbeda sekali dengan kue kering yang dapat tahan dalam waktu berbulan-bulan.

 

Aroma harum dari daun pandan tak hanya pas untuk kue tradisional saja. Bolu gulung yang lembut ini juga sangat lezat dengan aroma daun pandan dan berbentuk bulatan yang cantik. Aroma daun pandan dan warna hijau pada bolu di dapatkan dari ekstrak atau esense pandan, penambahan santan pun membuat kue bolu terasa nikmat dan gurih saat dinikmati. Bahan inti dan sekaligus penentu baik tidaknya bolu yang dibuat adalah bahan pengembang, yaitu ragi kue. Sebaiknya menggunakan ragi kemasan yang banyak terdapat di toko penjual bahan-bahan pembuat kue. Sekarang ini banyak toko roti yang menjual kue bolu yang satu ini, dengan berbagai varian rasa. Tapi jika anda ingin membuatnya, disinilah tempatnya.

Sebelum lanjut ke resep, saya akan memberi tahu nama lain dari kue ini. Kue bolu ini tidak hanya disebut dengan nama Bolu Gulung, tapi ada yang menyebutnya dengan nama Swiss Roll, masyarakat Indonesia biasa menyebutnya Bolu Meranti. Bolu ini sangat populer dan banyak peggemarnya, penggemarnya dari segala usia dan kalangan. Bolu gulung ini cocok disajikan kapanpun, saat kumpul dengan keluarga, dibawa piknik atau sebagai buah tangan untuk sanak saudara, mereka pasti sangat menyukainya.

Resep ini dipersembahkan oleh: http://caturfebrian.blogspot.com/

Bahan untuk Resep Bolu Gulung Pandan:
  • Emulsifier (Sp/Tbm) = 1/2 sendok makan.
  • Esens Pandan = 1/8 sendok teh.
  • Gula Pasir = 100 gram.
  • Maizena = 15 gram.
  • Margarin = 75 gram, dilelehkan.
  • Pewarna Hijau Muda = 5 tetes.
  • Santan Kental Instant = 2 sendok makan.
  • Telur = 5 butir.
  • Tepung Terigu Protein Sedang = 60 gram.

Bahan isi (kocok mengembang):
  • Air Es = 125 ml.
  • Vla Instant = 50 gram.

Resep cara membuat Bolu Gulung Pandan:
  1. Langkah awal, kocok terlebih dahulu telur dan emulsifier sampai mengembang, kemudian masukkan tepung terigu dan maizena sambil diayak, lalu aduk hingga rata.
  2. Kemudian masukkan margarin yang telah dilelehkan dan santan, campur sedikit demi sedikit sambil diaduk secara perlahan.
  3. Selanjutnya, ambil 100 gram dari adonan, tambahkan esens pandan dan pewarna hijau muda, aduk merata, masukkan kedalam kantung plastik bentuk segitiga.
  4. Semprotkan adonan putih dan adonan hijau secara berselang-seling didalam loyang bolu gulung bergerigi dengan ukuran loyang 25x30x4 cm.
  5. Kemudian, tuang sisa adonan putih dibagian loyang yang polos.
  6. Lalu, oven dengan api dibawah 190 derajat celcius selama 20 menit, oven hingga matang.
  7. Setelah itu, oles cake dengan bahan isi, kemudian gulung dan padatkan.
Sangat mudah bukan? Selamat mencobanya, ini benar-benar mudah.