Resep Membuat Bolu Kukus Ketan Hitam Mudah

CaturFebrian - Sebelumnya kami telah mengulas tentang resep bolu kukus mekar, kali ini kami akan membahas tentang Resep Bolu Kukus Ketan Hitam yang cukup mudah. Sekarang ini banyak sekali kreasi yang berbeda dari kue bolu kukus, ada kue bolu kukus pisang, kue bolu kukus keju, kue bolu kukus coklat dan masih banyak lagi kreasinya.

 

Bolu kukus yang satu ini memiliki kenikmatan sendiri dari bahan tepung ketan hitamnya. dengan rasa yang tidak terlalu manis tetapi rasanya tetap sangat menggoda dan bikin ketagihan. karena saya sendiri pun akan ketagihan memakan lebih dari 1 potong kue ini, untuk sarapan dan saya membelinya di tempat jualan kue di pinggir jalan. kue ini sebenarnya bisa di makan kapan pun, bisa sebagai sarapan, camilan santai, teman minum teh atau kopi, bisa juga di jadikan sajian saat ada tamu dan oleh-oleh saat berkunjung ke rumah kerabat.

Bolu ini memang mudah di temukan di penjual kue yang rutin ada setiap pagi dekat rumah adna, atau pun ada juga di toko roti atau kue. tapi tidak ada salahnya jika anda ingin membuatnya sendiri di rumah. jika anda ingin membuatnya, saya menyediakan perincian bahan bahan yang akan di gunakan dan cara membuatnya. silahkan di simak.

Resep ini dipersembahkan oleh: http://caturfebrian.blogspot.com/

Bahan untuk Resep Bolu Kukus Ketan Hitam:
  • Baking Powder = 1 sendok teh.
  • Emulsifier (Sp/Tbm) = 1 sendok teh.
  • Garam = 1/4 sendok teh.
  • Gula Pasir Halus = 250 gram.
  • Margarin = 200 gram, dilelehkan.
  • Susu Kental Manis = 2 sendok makan (putih).
  • Telur Ayam = 6 Butir.
  • Tepung Ketan Hitam = 250 gram.
  • Vanili Bubuk = 1/2 sendok teh.

Resep cara membuat Bolu Kukus Ketan Hitam:
  1. Pertama, kocok dahulu telur, emulsifier. gula pasir (halus) dan garam, kocok sampai mengembang.
  2. Kemudian, tambahkan tepung ketan hitam, vanili bubuk dan baking powder, sambil diayak dan diaduk sampai rata.
  3. Setelah itu, masukkan susu kental manis (putih) dan margarin leleh, masukkan sedikit-sedikit sambil diaduk secara perlahan.
  4. Selanjutnya, tuang kedalam loyang berukuran 24x24x6 cm yang sebelumnya telah dioles dengan margarin dan dialasi menggunakan kertas roti.
  5. Lalu, kukus selama 25 menit, kukus sampai matang diatas api sedang.
Mudah sekali bukan? resep ini dibuat untuk 25 potong kue. Selamat mencobanya dirumah, nanti setelah anda mahir membuatnya, pasti anda juga dapat membuat kreasi resep kue lainnya.